Pantastik

Nowela juara Indonesian Idol 2014: Mimpi yang menjelma nyata!

Melalui perjalanan panjang selama berbulan-bulan, Nowela Elizabeth Auparay (lebih akrab disapa Nowela) akhirnya tampil sebagai juara Indonesian Idol 2014. Dalam babak grandfinal bertajuk Result and Reunion Show Indonesian Idol 2014 yang ditayangkan langsung RCTI dari Hall D2 JI Expo, Jumat (23/5) malam, gadis berdarah Papua-Ambon ini mendapat dukungan pemirsa lebih banyak daripada Husein Alatas. Inilah mimpi yang menjelma nyata.

Nowela juara Indonesian Idol
Nowela juara Indonesian Idol 2014.
-
Atas kemenangan ini, Nowela memperoleh hadiah 1 unit mobil Suzuki Swift, uang Rp 125 juta, serta asuransi kecelakaan dari MNC Life senilai Rp 1 miliar.
Bukan hanya itu, kontestan berjuluk The Uranium Voice itu juga mendapatkan kontrak rekaman dari Universal Musik Indonesia, dan berhak membawakan lagu kemenangan berjudul “Membawa Cinta”, yang pernah dinyanyikannya pada pekan pertama grandfinal, Jumat (16/5) lalu.
Inilah yang dimaksud mimpi yang menjelma nyata. Pasalnya Nowela menolak meneruskan kuliahnya dan memilih merintis di jalur musik, meski harus dilakoninya dengan menjadi penyanyi kafe.
Ketika “ditemukan” Tantri Kotak dalam bus audition di Purwokerto, Nowela menjadi penyanyi kafe di Kota Keripik. Aksinya yang memikat membuat ia mendapat silver ticket ke Jakarta, bahkan golden ticket ketika berhasil meyakinkan tiga juri lainnya di Jakarta.
Nowela dan Husein.
Pertarungan sepadan dan sportif antara Nowela dan Husein.
-
Husein sendiri tak kecewa menjadi runner-up. Itu sebabnya dia ikut mengangkat tangan Nowela saat host Daniel Mananta mengumumkan si cantik berdarah Papua – Batak sebagai pemenang Indonesian Idol 2014.
Husein mendapat hadiah 1 unit mobil, uang sebesar Rp 75 juta, dan asuransi senilai Rp 500 juta, juga dari MNC Life. Penyerahan hadiah mobil dan asuransi untuk Husein dilakukan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibyo. Adapun penyerahan hadiah serupa untuk Nowela dilakukan oleh Prabowo Subianto, calon presiden yang didukung enam partai dan disokong Hary Tanoesoedibyo.

Penampilan grandfinalis pada sesi pertama
Semalam, kedua finalis menyanyikan tiga lagu. Ini merupakan penampilan final kedua, setelah pekan lalu Nowela dan Husein juga dua kali tampil solo, sekali tampil duet (Nowela-Judika, Husein-Rossa), dan masing-masing menyanyikan lagu kemenangan.
Nowela mendapat giliran pertama perform, dengan membawakan lagu “Respect” (Aretha Franklin). Si hitam manis ini langsung menggebrak dengan lantunan suara tinggi yang mampu memukau empat juri dan penonton yang hadir memenuhi Hall D2 JI Expo  Kemayoran.
Nowela dan Husein
-
Tampil dengan gaun berwarna emas, Nowela terlihat sangat anggun. Dia mendapat pujian dari para juri. “Kamu terlihat seperti seorang diva, bahkan mungkin Tantri enggak cocok memakai gaun itu karena Nowela lebih seksi,” ucap Dhani.
Komentar Anang lain lagi. “Kamu makin mantap, makin menghibur, makin seksi, tapi lebih seksi istri saya sih,” katanya sembari tertawa.
Tantri menilai penampilan Nowela sangat apik sebagai pembuka acara. Dia terlihat having fun dan tampil lepas.
“Kamu seperti Aretha Franklin versi Indoensia,” kata Titi DJ. Franklin adalah penyanyi asli Respect yang merilis lagunya pada tahun 1967.
Berikut ini aksi panggung Nowela pada sesi pertama:
-
Husein mendapat giliran tampil kedua. Si ganteng polos ini membawakan lagu “Bayang Semu” milik Ungu. Finalis asal Cirebon ini mengenakan kemeja yang dipadu jaket berwarna biru.
Di tengah-tengah penampilannya, penonton dikejutkan aktrasi “terbang” di atas panggung, sampai mengakhiri penampilannya.
Husein yang mengaku takut ketinggian makin melambung. Gara-garanya adalah pujian dari para juri yang makin meninggikan semangat Husein untuk berjuang di babak grandfinal.
“Kesekian kalinya, saya selalu terhibur dengan penampilan kamu,” kata Tantri Kotak.
Titi DJ berkomentar, “Kamu sangat enjoy. Menguasai panggung dan menguasai penonton,” ujarnya.
“Saya rasa kamu layak jadi juara,” kata Anang Hermansyah.
Adapun Ahmad Dhani mengatakan, perjuangan sesungguhnya justru akan ditentukan setelah “lulus” dari Indonesian Idol.
Ini dia aksi panggung Husein saat membawakan lagu “Bayang Semu”:
-
Setelah kedua finalis menyelesaikan tugasnya pada sesi pertama, Daniel Mananta bertanya kepada para juri, siapa yang dijagokannya. Dhani dan Anang menyebut Nowela, sementara Titi Dj dan Tantri Kotak menyebut Husein.

Penampilan grandfinalis pada sesi kedua
Nowela dan Husein
-
Pada sesi kedua, Nowela membawakan lagu berjudul “I Believe I Can Fly” (R Kelly), yang mendapat pujian dari Ahmad Dhani sebagai pertunjukan glamour. “Takdirmu sebagai diva gak bisa dilawan,” kata pentolan band Dewa 19 itu.
Keempat juri menilai Nowela memang layak menjadi The Next Indonesian Idol, karena kemampuan hebatnya dalam bernyanyi dan berpenampilan, terutama dibandingkan saat kali pertama mengikuti audisi.
“Nowela jauh makin matang, jauh makin ok, jauh lebih seksi dibanding saat audisi. Dia layak menjadi The Next Indonesian Idol,” kata Tantri Kotak.
Selain kemampuan menyanyi yang tidak perlu diragukan lagi, Titi DJ menilai Nowela sudah memiliki aura seorang bintang. Ini bisa dijadikan sebagai modal untuk terjun ke industri  musik. “Saya sampai nggak ubah posisi lho,” ujar Titi DJ.
Hal senada disampaikan Anang Hermansyah, yang menilai penampilan Nowela makin menarik. “Dulu saat audisi masih ndeso, malu-malu, sekarang sudah jauh lebih percaya diri,” kata Anang.
Berikut ini penampilan Nowela pada sesi kedua:
-
Adapun Husein menyanyikan tembang mendayu “Dealova” yang dipopularkan Once. Husein punya karakter unik. Dia mampu menyanyikan musik metal dengan cengkok khas Timur Tengah.
Karakter itulah yang menjadi andalannya saat menyanyikan “Dealova” yang dikemas dalam nuansa Middle East. Dukungan para penari sufi makin menguatkan performa Husein di atas panggung.
“Indonesian Idol itu tontonan sehat untuk musik Indonesia. Gimmick tadi matang banget, saya merinding banget, apalagi ada tarian sufinya,” kata Tantri.
Ini dia aksi panggung Husein pada sesi kedua:
-

Penampilan grandfinalis pada sesi ketiga
Pada sesi ketiga, Nowela membawakan lagu “Mercy” milik Duffy. Langsung saja kita lihat videonya:
-
Berikut ini aksi panggung Husein ketika membawakan lagu ”Smoke On The Water” (Deep Purple):
-
Ya, kedua grandfinalis sudah menunjukkan kemampuan terbaiknya.
Sukses untuk Nowela, sukses pula untuk Husein.
About these ads

Komentar

Postingan Populer